Mengatasi AC Split Yang Bocor

mengatasi ac split yang bocor
Mengatasi AC Split Yang Bocor. Cara mengatasi Ac split bocor drainya sangat sederhana. untuk mengatasinya yaitu dengan cara menaruh ember di bawahnya untuk menampung tetesan air. Atau tinggal panggil tukang service AC pasti beres.

Kita pasti pernah mengalami kebocoran pada unit indoor ac dirumah kita, yaitu apabila dioperasikan akan keluar air menetes ke bawah. masalah kebocoran air pada unit Indoor AC terjadi apabila pipa drain/pembuangan air kondensat tersumbat oleh lendir atau kotoran, bisa dari debu, atau kotoran lain.

Sebenarnya air kondensat yang terjadi adalah hal yang wajar, karena udara yang mengenai pipa/sirip yang temperaturnya lebih dingin dari udara akan mengalami kondensasi. Untuk itulah pada konstruksi AC disediakan lubang dan pipa pembuangan air kondensat, masalah timbul apabila lubang/pipa drain tersebut tersumbat hal ini dikarenakan sudah lama tidak di service. Atau mungkin habis di service juga bisa  karena pada waktu cleaning indoor tidak sampai bersih pada lubang drainya

Cara mengatasi Ac split bocor drainya dan mengatasi lubang drain yang tersumbat tadi dapat dilakukan dengan cara yang lebih aman tentunya dengan membuka cassing Ac dan mencari titik lubang drainya untuk dilakukan menyemprotan  dengan steam kalau ada. Kalau tidak ada steam Kita harus memakai cara lain yaitu dengan mencabut steker sumber listrik atau sekering untuk lebih aman.

Kemudian Cari lubang drain air kondensat, posisinya agak tersembunyi. Kalau sudah ketemu pasang selang kecil boleh pakai selang waterpas. Tiup selang tadi menggunakan air,Airnya kita semprotkan ke selang yang kita pasang tadi. Ulangi beberapa kali sampai yakin kotoran yang menyumbat sudah bersih.

Bila kita lihat pipa drain di bawah, akan terlihat gumpalan kotoran yang menyumbat lubang pembuangan air kondensat.itu tandanya kotoran sudah keluar semua. Setelah selesai rakit kembali cassing unit Indoor. Jangan lupa  sekalian membersihkan saringan udara dan kisi-kisi evaporator.

Demikian cara  mengatasi Ac split bocor drainya, semoga  pengalaman ini bermanfaat terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar